Minggu, 22 September 2013

RPP


                                          RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah       :  SMK SULTAN AGUNG
Mata Pelajaran      :  Pendidikan Jasmani Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester     :  X / 1
Alokasi Waktu        :  3 x 45

Kode Kompetensi         :  1
Standar Kompetensi     :   Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga 
                                            dalam bentuk sederhana  dan nilai-nilai yang terkandung di 
                                            dalamnya
           
A.   Kompetensi Dasar
1.1     Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.

B.   Tujuan Pembelajaran      :     
Kognitif
-          Siswa dapat memahami Teknik Dasar Bermain Sepak Bola.
Afektif
-          Siswa dapat mengenal Teknik Dasar Bermain Sepak Bola
Psikomotor
-          Siswa dapat menjelaskan Teknik Dasar Bermain Sepak Bola.
-          Siswa dapat menendang bola menggunakan kaki bagian dalam dengan teknik yang benar.
-          Siswa dapat menendang bola menggunakan punggung kaki dengan teknik yang benar
-          Siswa dapat menendang bola menggunakan kaki bagian luar dengan teknik yang benar
-          Siswa dapat mengontrol atau menghentikan  bola menggunakan kaki bagian dalam dengan teknik yang benar.
-          Siswa dapat mengontrol atau menghentikan  bola menggunakan punggung kaki dengan teknik yang benar
-          Siswa dapat mengontrol/ menghentikan  bola menggunakan kaki bagian luar dengan teknik yang benar



Nilai Karakter Bangsa :       
-          Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif :
-          Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri, Berani mengambil resiko, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Menendang bola menggunakan kaki bagian dalam dengan teknik yang benar.
2.    Menendang bola menggunakan punggung kaki dengan teknik yang benar
3.    Menendang bola menggunakan kaki bagian luar dengan teknik yang benar
4.    Mengontrol atau menghentikan  bola menggunakan kaki bagian dalam dengan teknik yang benar.
5.    Mengontrol atau menghentikan  bola menggunakan punggung kaki dengan teknik yang benar
6.    Mengontrol/ menghentikan  bola menggunakan kaki bagian luar dengan teknik yang benar

D.   Materi Pokok
Teknik Dasar Bermain Sepak Bola

 














Passing adalah mengumpan atau mengoper bola kepada teman. Passing yang baik dan benar sangat dibutuhkan dalam permainan sepak bola, karena….. dengan menguasai tehnik ini maka akan mempermudah teman kita untuk menerima bola. Seperti halnya menendang , passing juga bisa dilakukan dengan kaki bagian luar dan bagian dalam atau bisa dengan kepala, dada ( kalau kita memang sudah benar-benar menguasai tehnik ini ).

shotting Adalah tendangan kearah gawang. Tehnik ini kelihatannya gampang, tapi sebenarnya dibutuhkan konsentrasi dan waktu yang tepat agar shooting yang kita lakukan mengarah ke gawang atau menjadi sebuah gol. Latihan ini bisa dilakukan dengan mengharuskan penendang berlari….. mengejar bola sebelum melakukan shooting. Sebagai contoh : pemain A dan B berhadap-hadapan, pemain A mengumpan bola kepada pemain B, setelah mengumpan pemain A berlari 90 derajat kearah belakang pemain B, setelah pemain A berlari….. pemain B segera berputar 90 derajat dan memberi umpan pada pemain A untuk kemudian di shooting oleh pemain A. Umpan yang diberkan pemain B harus pada waktu yang tepat agar pemain A dapat melakukan shooting dengan sempurna. Jika sudah semakin bagus, peran pemain A bisa digantikan pemain B. Dengan cara ini berati kita sudah melakukan 2 latihan tehnik sekaligus, yaitu tehnik passing (oleh pemain B) dan tehnik shooting (oleh pemain A).

Dribel atau menggiring bola adalah menguasai bola dengan berlari dan tetap menjaga posisi bola agar tetap berada dekat dan dalam penguasaan kita. Teknik drible ini biasanya digunakan untuk….. melewati/mengecoh lawan. Kita bisa melakukan latihan drible dengan cara yang bervariasi, contoh : buatlah 4 sampai 5 penghalang berjarak sama, kemudian mulailah mendrible bola (menggiring)melewati penghalang tersebut dengan gerakan zig-zag. Usahakan bola jangan sampai menyentuh penghalang. Pada awal latihan, penghalang bisa dibuat dengan jarak yang agak lebar. Jika sudah merasa lancar jarak penghalang bisa dipersempit.

Kontrol adalah menghentikan bola yang sedang bergerak agar berada dalam penguasaan kita. Salah satu faktor lancar dan tidaknya permainan sepak bola juga ditentukan oleh tehnik ini. Karena jika kita tidak menguasai teknik ini, bola akan….. mudah lepas dari penguasaan kita dan itu berarti akan mempermudah lawan untuk merebut bola dari penguasaan kita. Kontrol bisa dilakukan dengan kaki, dada dan paha. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melatih teknik ini adalah dengan cara membatasi pengontrol bola dengan lingkaran. Diameter lingkaran kira-kira 1 meter. Batas lingkaran bisa menggunakan bendera kecil atau benda lainnya. Kemudian, buat pemain berpasang-pasangan untuk melatih kontrol bola. Sebagai contoh pasangan pemain A dan B, serta pemain C dan D. Pemain A dan C bertugas melemparkan bola kepada pemain yang berada dalam lingkaran ( B dan D ). Pemain yang berada dalam lingkaran harus mengontrol bola dengan sebaik-baiknya dan bola tidak boleh keluar dari lingkaran. Usahakan kontrol dilakukan secara variatif dan harus sempurna. Pengontrol bisa menggunakan dada, paha atau kaki untuk mengontrol bola. Bagi pemain yang bertugas melempar bola juga harus variatif dalam melempar bola kearah yang berbeda-beda. Jika bola keluar dari lingkaran, maka harus berganti peran dengan pelempar. Latihan ini tampaknya sederhana, tapi akan sangat bermanfaat. Jika sudah semakin bagus, lemparan bola bisa dipercepat. Karena, dalam permainan sebenarnya, datangnya bola terkadang lambat, sering pula sangat cepat.

E.   Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi serta penjelasan materi yang akan dibahas serta dilanjutkan pemanasan.

10 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2.
Inti
Eksplorasi
-      Teknik mengenal bola dilakukan dengan cara menggulir-gulirkan bola, menimang-nimang bola
-      Teknik menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki bagian luar
-      Teknik menghentikan / mengontrol bola dengan menggunakan kaki bagian dalam punggung kakai dan kaki bagian luar.
-      Teknik melempar bola dilakukan dengan cara :
a. berdiri diluar garis samping
b.bola dipegang dengan dua tangan dari atas belakang kepala
c. badan ditarik ke belakang diteruskan dengan mengayunkan kedua tangan ke depan (menggunakan kekuatan otot perut, panggul, bahu dan tangan)
-      teknik bermain bola secara sederhana
Elaborasi
-      Menjawab pertanyaan-pertanyaan  yang ada di lembar kerja siswa. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.)
-      Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.)
-      Tanya jawab hal-hal yang belum dipahami siswa. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.)
-      Memberi tugas kepada siswa. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.)
Konfirmasi
-      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.)
-      bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.)

60 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3.
Penutup
-      Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi / evaluasi terhadap kegiatan yang baru dipratekkan.
-      Informasi-informasi

20 menit

Ceramah
Diskusi

F.    Media / Alat
Buku 
Alat  :  Lapangan sepak bola, bola kaki, peluit

G.   Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap kegiatan yang dilakukan peserta didik.




Kepala Sekolah....



Drs. WIJAYANING PRANG,M.M
NIP./NIK.
          ........................................
          Guru Mapel



          ........................................
          NIP./NIK.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah      : 
Mata Pelajaran     :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester   :  X / 1
Alokasi Waktu      :  2 x 45

Kode Kompetensi     :  1
Standar Kompetensi     :   Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

A.   Kompetensi Dasar
1.1     Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.

B.   Tujuan Pembelajaran      :     
Kognitif
-          Siswa dapat memahami Teknik Dasar Bola Voli.
Afektif
-          Siswa dapat mengenal Teknik Dasar Bola Voli
Psikomotor
-          Siswa dapat menjelaskan Teknik Dasar Bola Voli.
-          Siswa dapat melakukan pasising atas dengan teknik yang benar
-          Siswa dapat melakukan servis bawah dengan teknik yang baik
-          Siswa dapat melakukan teknik operan dan menangkap bola setinggi dada dengan benar.
-          Siswa dapat melakukan teknik operan dan menangkap bola pantul dengan benar
-          Siswa dapat melakukan teknik operan dan menangkap dari atas dengan benar

Nilai Karakter Bangsa :       
-          Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif :
-          Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri, Berani mengambil resiko, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan
C.   Indikator Pencapaian Kompetensi
  1. Melakukan pasising atas dengan teknik yang benar
  2. Melakukan servis bawah dengan teknik yang baik
  3. Melakukan teknik operan dan menangkap bola setinggi dada dengan benar.
  4. Melakukan teknik operan dan menangkap bola pantul dengan benar
  5. Melakukan teknik operan dan menangkap dari atas dengan benar

D.   Materi Pokok
TEKNIK DASAR BOLA VOLI
Teknik dalam permainan bola voli ada 2 macam, yaitu :

1. Teknik Tanpa Bola.

a. Sikap Siap.
Berdiri dengan kaki yang satu didepan kaki yang lain, kedua kaki terbuka selebar bahu, kedua lutut ditekuk sampai membentuk sudut 135º, kedua tangan ditekuk sedikit diletakkan rileks didepan tubuh, badan dicondongkan kedepan sampai tumit terangkat.
b. Pengambilan posisi yang tepat & benar.
c. Langkah kaki gerak kedepan, kebelakang, kesamping kiri & kesamping kanan.
d. Langkah kaki untuk awalan Smash dan awalan Block.
e. Bergulir kedepan & bergulir kebelakang.
f.  Gerak meluncur.
g. Gerak tipuan

2. Teknik Dengan Bola

A. Service untuk menyajikan bola pertama.

1. Underhand Service
service_bawah1

Pemain berdiri menghadap net , kaki kiri didepan kaki kanan, lengan kiri dijulurkan kedepan dan memegang bola (ini untuk pemain tangan kanan, bagi pemain tangan kiri sebaliknya).

Bola dilempar rendah keatas , berat badan bertumpu pada kaki sebelah belakang, lengan yang bebas digerakkan kebelakang dan diayunkan kedepan dan memukul bola. Sementara berat badan dipindahkan kekaki sebelah depan.

Bola dipukul dengan telapak tangan terbuka, pergelangan tangan kaku dan kuat. Gerakan terakhir adalah memindahkan kaki yang dibelakang kedepan.

Jenis² Underhand Service

a. Back Spin Underhand Serve : Bola berputar kebelakang.
b. Top Spin (Cutting) Underhand Serve: Bola berputar keatas.
c. Inside Spin Underhand Serve : Bola berputar kedalam.
d. Outside Spin Underhand Serve : Bola berputar keluar.

2. Overhead Service
service_atas1

Pemain berdiri dengan kaki kiri berada lebih kedepan dan kedua lutut agak ditekuk Tangan kiri dan kanan bersama² memegang bola, tangan kiri menyangga bola sedangkan yang kanan memegang bagian atas bola.

Bola dilambungkan dengan tangan kiri keatas sampai ketinggian ± 1m diatas kepala didepan bahu, dan telapak tangan kanan segera ditarik kebelakang atas kepala dengan telapak menghadap kedepan, berat badan dipindahkan kekaki sebelah belakang.

Setelah tangan berada dibelakang atas kepala dan bola berada sejangkauan tangan pemukul, maka bola segera dipukul dengan telapak tangan, lengan harus tetap lurus dan seluruh tubuh ikut bergerak.

Bola dipukul dan diarahkan dengan gerakan pergelangan tangan, berat badan dipindahkan kekaki sebelah depan. Gerakan lengan terus dilanjutkan sampai melewati paha yang lainnya.

Jenis² Overhead Service

a. Top Spin Overhead Serve : Bola berputar keatas.
b. Inside Spin Overhead Serve : Bola berputar kedalam.
c. Outside Spin Overhead Serve : Bola berputar keluar.
d. Drive Overhead Serve : Bola berputar keatas.

B. Pass Bawah berguna untuk passing dan umpan.
pass_bawah1






F  Pemain melakukan sikap siap.
F  Kedua tangan rapat dan dijulurkan lurus kedepan, kedua lengan membuat sudut 45º dengan badan.
F  Sikap tubuh semakin merendah dengan menurunkan sudut lutut dari 135º menjadi 45º.
F  Tungkai mulai dijulurkan keatas agak kedepan, bola mengenai lengan bawah yang terjulur lurus. Tungkai dijulurkan sampai berjingkat dan tangan tidak boleh melewati bahu.
F  Kembali kepada sikap siap.


Bentuk Tangan Passing Bawah :

F  Julurkan tangan lurus dari pangkal bahu, siku hingga telapak tangan, telapak tangan di buka lebar.
F  Untuk pemain dengan tangan normal, letakkan telapak tangan kanan menyilang diatas telapak tangan kiri atau sebaliknya bagi pemain kidal.
F  Rapatkan kedua ibu jari sehingga kedua lengan merapat.
F  Turunkan arah pergelangan tangan sedemikian rupa, hingga lengan lebih mengeras dan lebih kuat.
passbwh_copy

Jenis² Pass Bawah

1. Pass Bawah dua Tangan
2. Pass Bawah Satu Tangan
3. Pass Bawah Kebelakang
4. Pass Bawah Bergulir Kesamping
5. Pass Bawah Setengah Bergulir Kebelakang
6. Pass Bawah Meluncur Kedepan

C. Pass Atas berguna untuk passing dan umpan
pass_atas1

Pada dasarnya pass atas adalah bola tangkap diatas, sentuhkan kekening dan lontarkan kembali keatas, tetapi karena proses gerakan tersebut dilakukan dengan sangat cepat, maka bola terlihat seperti dipantulkan.
F  Pemain melakukan sikap siap.
F  Badan dijulurkan keatas dengan meluruskan tungkai, bersamaan dengan menjulurkan kedua tangan keatas, sikap jari seperti hendak merangkum bola.
F  Tungkai ditekuk kembali sampai lutut membuat sudut 135º, posisi lengan ditekuk didepan muka diatas kening dan bola disentuh oleh ujung jari² tangan.
F  Tungkai dijulurkan kembali sampai berjingkat dan bola dilambungkan kedepan atas dengan jari dan bantuan lengan yang digerakkan sampai lurus keatas.
F  Kembali kepada sikap siap.


Pertama-tama pemain harus belajar bentuk tangan dari teknik passing atas, yaitu meletakkan kedua tangan diatas kepala bersamaan dengan telunjuk dan ibu jari membentuk segitiga, setelah menentukan posisi tangan, pemain akan menyentuh bola diatas mata.

§ Bawa tangan bersama-sama, membentuk sebuah segitiga dengan jari telunjuk dan ibu jari.

§ Letakkan tangan bersama-sama dengan menyentuh ujung jari.

§ Buka tangan,

§ Bawa jari terpisah untuk jarak yang sempurna guna menangkap bola.
passats_copy

Posisi dan bentuk tangan ini harus dilakukan sebelum pemain menyentuh bola dengan teknik passing atas. Ketika kontak dengan bola, pemain hanya menyentuh bola dengan menggunakan jari, tidak boleh dengan telapak tangan. Bola disentuh oleh ibu jari dan dua jari pertama dengan kekuatan yang sama, sedangkan dua jari terakhir menyentuh bola dengan kekuatan lebih lemah, karena hanya dipakai untuk mengontrol bola.

Jenis² Pass Atas
1. Pass Atas Normal
2. Pass Atas Kebelakang
3. Pass Atas Setengah Bergulir Kebelakang
4. Pass Atas Bergulir Kesamping
5. Pass Atas Meloncat






D. Smash teknik untuk serangan guna mematikan lawan.
smash1

Proses melakukan smash dapat dibagi menjadi : Awalan, Tolakan, Meloncat, Memukul Bola dan Mendarat

Awalan

Berdiri dengan salah satu kaki dibelakang sesuai dengan kebiasaan individu (tergantung smasher normal atau smasher kidal). Langkahkan kaki satu langkah kedepan (pemain yang baik, dapat mengambil ancang² sebanyak 2 sampai 4 langkah), kedua lengan mulai bergerak kebelakang, berat badan berangsur² merendah untuk membantu tolakan.

Tolakan

Langkahkan kaki selanjutnya, hingga kedua telapak kaki hampir sejajar dan salah satu kaki agak kedepan sedikit untuk mengerem gerak kedepan dan sebagai persiapan meloncat kearah vertical. Ayunkan kedua lengan kebelakang atas sebatas kemampuan, kaki ditekuk sehingga lutut membuat sudut ±110º, badan siap untuk meloncat dengan berat badan lebih banyak bertumpu pada kaki bagian depan.

Meloncat

Mulailah meloncat dengan tumit & jari kaki menghentak lantai dan mengayunkan kedua lengan kedepan atas saat kedua kaki mendorong naik keatas. Telapak kaki, pergelangan tangan, pinggul dan batang tubuh digerakkan serasi merupakan rangkaian gerak yang sempurna. Gerakan eksplosif dan loncatan vertikal.

Memukul Bola

Jarak bola didepan atas sejangkauan lengan pemukul, segera lecutkan lengan kebelakang kepala dan dengan cepat lecutkan kedepan sejangkauan lengan terpanjang dan tertinggi terhadap bola. Pukul bola secepat dan setinggi mungkin, perkenaan bola dengan telapak tangan tepat diatas tengah bola bagian atas. Pergelangan tangan aktif menghentak kedepan dengan telapak tangan & jari menutup bola. Setelah perkenaan bola lengan pemukul membuat gerakan lanjutan kearah garis tengah badan dengan diikuti gerak tubuh membungkuk. Gerak lecutan lengan, telapak tangan, badan, tangan yang tidak memukul dan kaki harus harmonis dan eksplosif untuk menjaga keseimbangan saat berada diudara. Pukulan yang benar akan menghasilkan bola keras & cepat turun kelantai.

Mendarat

Mendarat dengan kedua kaki mengeper. Lutut lentur saat mendarat untuk meredam perkenaan kaki dengan lantai, mendarat dengan jari² kaki (telapak kaki bagian depan) dan sikap badan condong kedepan. Usahakan tempat mendarat kedua kaki hampir sama dengan tempat saat meloncat.

E. Block teknik yang bermanfaat untuk pertahanan di net.
block1

Untuk melakukan block yang baik, pemain harus dapat memperkirakan jatuhnya bola, atau dapat meramalkan kemana kira² lawan akan memukul bola.

Proses melakukan bendungan dapat dibagi menjadi : Awalan, Melompat, Kontak dengan Bola & Mendarat.

Pemain berdiri dengan kedua kaki sejajar dan kaki ditekuk sedikit, kedua tangan didepan dada, telapak kedua tangan menghadap net dan jari² dikembangkan lebar². Sebagai awalan lutut ditekuk lebih dalam, posisi badan sedikit condong kedepan kemudian diteruskan dengan tolakan keatas dengan kedua kaki secara eksplosif serta mengayunkan kedua lengan lurus keatas secara bersamaan dan jari membuka agar kedua tangan merupakan suatu bidang yang luas.

Pada saat melayang diudara dan ketika bola dipukul oleh lawan, segeralah tangan dihadapkan kearah datangnya bola dan berusaha menguasai bola itu. Pada saat perkenaan tangan dengan bola, pergelangan tangan digerakkan secara aktif agar tangan dapat menekan bola dari arah atas depan kebawah secara tepat. Jari² kedua tangan pada saat perkenaan ditegangkan agar tangan dan jari cukup kuat untuk menerima tekanan bola yang keras. Saat perkenaan yang baik adalah saat sebelum bola dipukul, tangan blocker sudah benar² dapat mengurung bola tersebut.

Setelah kontak dengan bola pemain mendarat kembali dengan tumpuan kedua kaki dan lentur.

E.   Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat diteruskan pemanasan.

10 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2.
Inti
Eksplorasi
-      Peserta didik masih dalam formasi 4 saf, tetapi dibuat saling berhadapan untuk melakukan latihan :
a.    Passing bawah
b.    Passing atas
c.    Servis bawah
Setelah melakukan latihan tersebut diatas dirasa cukup diteruskan bermain bola voli dengan menggunakan peraturan yang sederhana
Elaborasi
-      Menjawab pertanyaan-pertanyaan  yang ada di lembar kerja siswa. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.)
-      Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.)
-      Tanya jawab hal-hal yang belum dipahami siswa. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.)
-      Memberi tugas kepada siswa. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.)
Konfirmasi
-      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.)
-      bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.)

60 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3.
Penutup
-      Peserta didik dibariskan, diadakan evaluasi / koreksi terhadap kegiatan yang baru saja dipratekkan.
-      Informasi-informasi

20 menit

Ceramah
Diskusi

F.    Media / Alat
Buku :  Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat  : Lapangan bola voli, bola voli, net voli, peluit

G.   Evaluasi
Penilaian dengan menggunakan tes perbuatan










Kepala Sekolah....




Drs. WIJAYANING PRANG,M.M
NIP./NIK.
          ........................................
          Guru Mapel




          ........................................
          NIP./NIK.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah      : 
Mata Pelajaran     :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester   :  X / 1
Alokasi Waktu      :  2 x 45

Kode Kompetensi     :  1
Standar Kompetensi     :   Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

A.   Kompetensi Dasar
1.1     Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar, serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai semangat dan percaya diri.

B.   Tujuan Pembelajaran             
Kognitif
-          Siswa dapat memahami Teknik Dasar Bermain Bola Basket.
Afektif
-          Siswa dapat mengenal Teknik Dasar Bermain Bola Basket.
Psikomotor
-          Siswa dapat menjelaskan Teknik Dasar Bermain Bola Basket.
-          Siswa dapat melakukan teknik operan dan menangkap bola setinggi dada
-          Siswa dapat melakukan teknik operan dan menangkap bola pantulan
-          Siswa dapat melakukan teknik operan dan menangkap bola atas
-          Siswa dapat melakukan teknik operan dan lemparan bola samping
-          Siswa dapat Melakukan teknik menggiring bola menggunakan tangan kanan dan kiri
-          Siswa dapat Bermain bola basket dengan peraturan dimodifikasi

Nilai Karakter Bangsa :       
-          Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif :
-          Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri, Berani mengambil resiko, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi
-          Melakukan teknik operan dan menangkap bola setinggi dada
-          Melakukan teknik operan dan menangkap bola pantulan
-          Melakukan teknik operan dan menangkap bola atas
-          Melakukan teknik operan dan lemparan bola samping
-          Melakukan teknik menggiring bola menggunakan tangan kanan dan kiri
-          Bermain bola basket dengan peraturan dimodifikasi

D.   Materi Pokok
Teknik Dasar Bermain Bola Basket
Sejarah

Permainan bola basket diciptakan oleh James A. Naismith pada tahun 1891 di YMCA (Young Man Christian Association) Massachusset, Amerika Serikat. Permainan bola basket awalnya sangat sederhana dan di lakukan untuk mengisi kekosongan waktu istirahat para prajurit Amerika Serikat.
Permainan bola basket di bawa ke Indonesia oleh seorang bangsa Belanda yang bernama Tonny When Dai Wimlatumenten tahun 1948.

Teknik Dasar Permainan Bola Basket
1. Teknik Drible (Menggiring Bola) Teknik dasar drible antara lain: - Drible tinggi, dilakukan dengan tujuan untuk menggiring bola sambil berjalan atau berlari, di lakukan saat jauh dari lawan dan sesegera mungkin masuk ke daerah pertahanan lawan. - Drible rendah, dilakukan dengan tujuan menghindari lawan yang ingin merebut bola, dilakukan dengan cepat untuk mencari celah agar bisa menerobos pertahanan lawan.

2. Teknik Dasar Passing (operan)
a. Chest Pass adalah operan yang dimulai dari depan dada, di arahkan lurus ke depan dada kawan hal ini dilakukan jika ruang operan terbuka tanpa penghalang lawan.
b. Bounce Pass adalah operan yang dilakukan dengan cara memantulkan bola ke lapangan sebelum ditangkap kawan, hal ini dilakukan pada saat ada lawan yang menghadang di depan.
c. Overhead Pass adalah operan yang dilakukan dari atas kepala, arah bolanya melambung tinggi di atas kepala lawan dan biasanya operan ini dilakukan jauh ke depan.
d. Baseball Pass adalah operan lurus dari samping badan seperti lemparan baseball, operan ini dilakukan dengan satu tangan dan tenaga yang kuat.
e. Under Pass (operan bawah) adalah operan yang dilakukan dari bawah (pinggang), arah bolanya lurus ke arah kawan dan dilakukan dengan jarak dekat.
f. Hook Pass adalah operan kaitan dengan satu tangan yang dimulai dari setinggi pinggang kemudian gerakan seperti pukulan hook atau melengkung ke atas.
3. Shooting (menembak) Menembak adalah memasukan bola basket ke dalam ring lawan, dengan tujuan untuk mendapatkan angka/point. ada bermacam-macam shooting yaitu:
- Menembak diam di tempat (set shoot) dengan satu tangan.
- Menembak diam di tempat dengan dua tangan.
- Menembak sambil melompat (jump shoot)
- Menembak dimulai dengan gerakan lari, langkah, dan meloncat (Lay up)
4. Pivot Pivot adalah gerakan berputar dengan berporos salah satu kaki, kedua tangan memegang bola dengan tujuan untuk menghindari sergapan lawan yag akan merebut bola. Pivot dapat dilakukan dengan dua cara yaitu gerakan berputar ke arah depan dan gerakan berputar ke arah belakang.
5. Ribound Ribound adalah gerakan melompaat untuk merajah atau menangkap bola yang terpantul dari papan pantul. Ribound dilakukan dengan cara melompat setinggi-tingginya di depan papan pantul dan menangkap serta memasukan kembali bola ke dalam ring basket. Lapangan Permainan Bola Basket
Keterangan:

- Panjang lapangan 26 meter
- Lebar lapangan 14 meter
- Garis tengah lingaran lapangan 3,6 meter
- Tinggi ring Basket 2,90 meter
- Diameter ring basket 0,45 meter
- ukuran papan pantul 1,80 X 1,20 meter

E.   Skenario Pembelajaran
No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1.
Pendahuluan
Peserta didik dibariskan menjadi 4 saf, berdo’a bersama, diadakan presensi dan penjelasan materi secara singkat dilanjutkan pemanasan (warming up)

10 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas
2.
Inti
Eksplorasi
-      Peserta didik masih dalam formasi 4 saf, tetapi dibuat saling berhadapan untuk melakukan latihan :
a.    Lempar tangkap bola setinggi dada
b.    Lempar tangkap bola pantulan ke lantai
c.    Lempar tangkap bola operan dari samping
d.    Dribble sambil berjalan dan berlari
Setelah teknik tersebut diatas dirasa cukup dilakukan dengan bermain basket dengan menggunakan peraturan yang sederhana
Elaborasi
-      Menjawab pertanyaan-pertanyaan  yang ada di lembar kerja siswa. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.)
-      Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.)
-      Tanya jawab hal-hal yang belum dipahami siswa. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.)
-      Memberi tugas kepada siswa. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.)
Konfirmasi
-      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.)
-      bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi. dan Gemar membaca.)

60 menit

Ceramah
Demonstrasi
Tugas
3.
Penutup
-      Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi terhadap kegiatan yang baru saja dipratekkan.
-      Informasi-informasi

20 menit

Ceramah
Diskusi

F.    Media / Alat
Buku :  Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek oleh : Muhajir
Alat  : Lapangan basket, bola basket, peluit

G.   Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes perbuatan



Kepala Sekolah....



Drs. WIJAYANING PRANG,M.M
NIP./NIK.
          ........................................
          Guru Mapel



          ........................................
          NIP./NIK.


Posting Komentar